Rabu, 05 September 2012

Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan Manusia

Tulisan ini,terinspirasi dari pengalaman pribadi saya.Dulu,waktu pas zaman2 SMA,sekitar 3 thn yang lalu,saya sering menderita yang namanya gejala tipes.Badan terasa panas, lemah,tulang ngilu,mual dan yang menjadi ciri khas saya waktu itu adalah jika sudah terserang gejala tipes,maka lidah pun terlihat kotor (banyak selaput putih keruh di lidah).Jika tanda2 itu muncul,pastilah ujung-ujungnya terkena tipes.
Kalau sudah begitu,muncul deh dilema.Obat tipes dari dokter itu,banyak,pahit banget,mana gede2.Jangankan makan obat-obat pahit,makan nasi,yang manis2 atau apapun terasa tidak enak,apalagi obat.Namun,seorang tetangga menyarankan saya untuk mengkonsumsi "air cacing" (sudah diolah tentunya) untuk membantu mengobati tipes.Pada awalnya,jijik dan mual,namun,untuk penyembuhan,jangankan air cacing,cacingnyapun berani makan deh.Dan,alhamdulillah,setelah habis 5-6 botol (ukuran sirup orange),akhirnya keadaan sayapun membaik dan berangsur-angsur sembuh.Mulai saat itu,jika tanda gejala tipes atau panas dalam pun,saya selalu mengkonsumsi air cacing (didaerah saya disebut cacing kalung).

Sebenarnya,apa alasan Cacing tanah/Kalung dijadikan obat tipes?

  Cacing kalung atau dalam bahasa ilmiahnya Pheretima aspergillum, telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia tentang keampuhannya menyembuhkan penyaki Tifus.
Dari 1800 spesies cacing (piogama.ugm.ac.id), hanya dua spesies cacing yang sering dijadikan obat tradisional, Yaitu Cacing Eropa atau Introduksi (Lumbricus rubellus) dan Cacing Kalung atau Long(Pheretima aspergillum).
Dalam kasus penyakit tifus, ekstrak cacing tanah bisa bekerja dari dua sisi, yaitu membunuh bakteri penyebabnya sekaligus menurunkan demamnya.Penyebab sakit tifus adalah bakteri salmonela dan kandungan pada cacing tanah adalah pembunuh bakteri salmonela .Beberapa penelitian telah membuktikan adanya daya antibakteri dari protein hasil ekstrasi cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan Salmonella thypi.

Menurut para ahli,manfaat cacing tanah lainnya adalah: 
  • Cacing tanah dapat menyembuhkan penyakit thypus
  • Cacing tanah dapat menurunkan kadar kolesterol
  • Cacing tanah dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Cacing tanah dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Cacing tanah dapat meningkatkan nafsu makan
  • Cacing tanah dapat mengobati infeksi pada saluran pencernaan seperti disentri, diare dan gangguan perut lainnya.
  • Cacing tanah dapat mengobati infeksi pada saluran pernafasan seperti: influensa, asma, bronchitis bahkan penyakit TBC (Tubercolosis).
  • Cacing tanah dapat mengurangi rasa pegal akibat kelelahan maupun reumatik.
  • Cacing tanah dapat menurunkan kadar gula dalam darah bagi para penderita diabetes.
  • Cacing tanah dapat mengobati exim, wasir, luka, alergi dan sakit gigi.
Berikut ini,resep air cacing kalung yang bisa membantu menyembuhkan tipes.
Bahan per ½ gelas atau 100cc:
  1. Cacing kalung (bisa dicari di tanah yang lembab) 5 ekor.
  2. Telur ayam kampung/telur bebek 1 biji,
  3. Madu 2 Sendok Makan
  4. Pegagan (Antanan) secukupnya.
Pengolahan:
  1. Cuci cacing kalung sampai bersih, buang kotorannya sehingga yang tersisa hanya kulitnya saja. Blender sampai halus dengan Pegagan kalau perlu dikasih air sedikit saja hanya untuk membantu ketika proses blender. Kalau nggak punya blender di tumbuk saja sampai halus atau pinjem tetangga.:)
  2. Untuk telur ayam/bebek, ambil hanya kuning telurnya saja, kocok sampai keliatan membusa, ketika di kocok masukan cacing campur pegagan yang telah halus tadi, lalu tambahkan juga madu, tambah air hangat sedikit.
Manfaat:
-           Cacing kalung; untuk membunuh bakteri tifoid dan menurunkan panas
-          Telur; berisi protein untuk menambah tenaga
-          Madu; berisi banyak vitamin untuk memperkuat pertahanan tubuh
-          Antanan; menghangatkan tubuh.

Subhanalloh,ternyata,makhluk yang sering kita anggap jelek,jijik,ternyata memiliki segudang manfaat.Jadi teringat,tidak ada sesuatupun yang Allah swt ciptakan dengan sia-sia.
Semoga bermanfaat.











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar